Fatkur
Aziz
Dila

Jumat, 25 Maret 2011

Khitan Massal : Ajang Saling Kenal antar Warga Kampung

Matahari baru saja terbit di ufuk timur. Menghangati udara pagi sebuah perkampungan. Sejumlah bocah tampak berjalan cepat menuju Masjid Ibnu Sina Lingkungan Dangin, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem. Setiap anak ditemani kedua orang tua. Ada pula ditemani ayah atau ibu saja.
Ceria, sedih, bercampur pasrah tampak di wajah anak-anak berusia TK dan SD ini. Mereka bertekad untuk mengikuti acara Program Khitan Massal. Acara ini dilaksanakan oleh LAZ DSM Cabang Karangasem bekerjasama dengan LAZ DSM Denpasar, Rumah Sehat Madani, dan beberapa donatur DSM.
Ada 60 anak dikhitan pada Ahad, 13 Maret 2011. Mereka dari kalangan keluarga kurang mampu, dari berbagai kampung. Salah satunya, kampung Dangin. Bagi warga Dangin, aksi sosial ini mampu merekatkan ukhuwah sekaligus memperingati kelahiran Rasulullah Saw. Semua warga terlibat aktif untuk membantu acara ini agar tidak ada kendala.
Untuk mengikuti acara ini, anak-anak tidak dikenakan biaya, karena semua biaya berasal dari para donatur. Selepas dikhitan, setiap anak diberi satu bingkisan menarik. Di samping khitan massal, ada pemberian beasiswa bagi anak-anak berprestasi. Bagi para orang tua diberi bingkisan baju.

“Program Khitan Massal ini, kami adakan tiap tahun”, ucap Thohar, Direktur LAZ DSM Karangasem. Tempat acara berpindah-pindah, dari kampung satu ke kampung lain. Agar anak-anak dan orang tua dari berbagai kampung bisa saling kenal di Lingkungan Dangin. Harapannya, kerukunan dan kepedulian antar warga semakin erat lewat ajang ini.
“Harapan kita program ini bisa berjalan tiap tahun karena mengingat kondisi di Karangasem minim dokter untuk khitan, sehingga diharapkan anak-anak dari kalangan dhuafa dapat memperoleh kesempatan khitan gratis, agar mereka lebih sehat”, ujar Thohar ketika diwawancarai wartawan Radar Bali dan Bali Express. AK

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Entri Populer


Buku Tamu

Salam Silaturahim DSM BADUNG